--> Skip to main content

Kue Kembang Loyang Makanan Khas Daerah Aceh

Kue Kembang Loyang Makanan Khas Daerah Aceh - Kembang Loyang adalah makanan yang berupa kue yang berasal dari Banda Aceh. Makanan ini juga termasuk makanan ringan dengan kerenyahanya yang khas.

Cara membuat makanan kue kembang loyang ini tidak begitu sulit. Berikut ini bahan yang digunakan untuk membuat kue kembang loyang makanan khas Aceh.


Bahan Kue Kembang Loyang 

200 gram tepung beras, 65 gram gula pasir halus, 2 butir telur, 1/2 sendok teh garam, 250 ml santan (dari parutan 1/2 butir kelapa), 2 sendok makan wijen, Minyak goreng secukupnya.



Cara membuat Kue Kembang Loyang :

  • Campur tepung dengan gula psir, garam dan wijen kemudian aduk hingga merata.
  • Kemudian tuangkan telur serta santan sedikit, sehingga adonan menjadi bercampur rata.
  • Memanaskan cetakan kembang loyang ke dalam minyak sudah dipanaskan.
  • Kemudian cetakan kue celupkan ke dalam adonan, setelah itu masukan kue ke dalam minyak sambil digoyang hingga adonan kue terlepas dari cetakan.
  • Selanjutnya gorenglah kue tersebut dengan mengulangi langkah sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. 
  • Tiriskan setelah angkat kue. Kemudian kue Kembang loyang siap disajikan. Agar terjaga kerenyahanya  simpan kue ini dalam toples.

Popular posts from this blog

Penyerbukan / Persarian dan macam- macamnya

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan merupakan suatu tahap dalam reproduksi tumbuhan untuk tujuan perkembangbiakan. Penyerbukan disebut juga persarian. Macam-macam penyerbukan : 1. Berdasarkan perantaranya Penyerbukan dengan perantara angin (anemogami) Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara angin adalah mahkota kecil dan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki kelenjar madu, serbuk sari jumlahnya banyak, kering dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin, kepala sari besar, tangkai sari panjang dan bergoyang jika tertiup angin, kepala putik terjulur keluar. Contoh penyerbukan pada bunga kelapa, rumput. Penyerbukan dengan perantara hewan (zoidiogami) Hewan yang biasanya sebagai perantara penyerbukan yaitu serangga (kupu-kupu dan lebah), siput, burung, kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara hewan adalah mahkota berwarna mencolok dan besar sehingga memiliki day

Mata Pencaharian : 5 jenis mata pencaharian masyarakat dalam kehidupan modern ~ Sejarah pertanian

5 jenis mata pencaharian masyarakat  dalam kehidupan modern ~ Sejarah pertanian - Dalam kehidupan modern mata pencaharian masyarakat memiliki perbedaan dengan kehidupan manusia sebelum modern silahkan dibaca pada artikel saya yang berjudul Sejarah pertanian dan perkembangan kegiatan pertanian . Sedangkan dalam kehidupan masyarakat modern dapat dikelompokan dalam 5 jenis yang memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain sebagai penopang kebutuhan hidup masyarakat modern yang berdasarkan berbagai sumber melalui artikel ini dapat dibedakan menjadi 5 jenis. 5 jenis mata pencaharian masyarakat modern antara lain : Pengumpulan Pengumpulan merupakan usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan jalan mengumpulkan sesuatu yang dihasilkan oleh alam baik hasil hutan serta kekayaan mineral maupun kekayaan laut dan masih banyak lagi. Pertanian Pertanian merupakan kegiatan manusia mengembangbiakkan tumbuhan serta hewan, sehingga memenuhi kebutuhanya sehingga termasuk k